Laman

Pembuatan Pupuk Organik Dengan Bantuan Bakteri EM4

Membuat pupuk Effective Microorganisme atau EM   

Pupuk EM adalah pupuk organik yang dibuat melalui proses fermentasi menggunakan bakteri (microorganisme). Sampah organik dengan proses EM dapat menjadi pupuk organik yang bermanfaat meningkatkan kualitas tanah.

Menakar Komposisi Kandungan EM4

Teknologi EM (Effective Mikroorganism) dapat digunakan dalam bidang pertanian, peternakan, perikanan, lingkungan, kesehatan dan industri. Meski sudah banyak kalangan masyarakat yang menggunakan tapi tidak banyak yang tahu tentang EM, komposisi kandungan, fungsi dan jenis-jenis EM.
EM merupakan campuran dari mikroorganisme bermanfaat yang terdiri dari lima kelompok, 10 Genius 80 Spesies dan setelah di lahan menjadi 125 Spesies. EM berupa larutan coklat dengan pH 3,5-4,0. Terdiri dari mikroorganisme Aerob dan anaerob. Meski berbeda, dalam tanah memberikan multiple efect yang secara dramatis meningkatkan mikro flora tanah. Bahan terlarut seperti asam amino, sacharida, alkohol dapat diserap langsung oleh akar tanaman.

Kandungan EM terdiri dari bakteri fotosintetik, bakteri asam laktat, actinomicetes, ragi dan jamur fermentasi. Bakteri fotosintetik membentuk zat-zat bermanfaat yang menghasilkan asam amino, asam nukleat dan zat-zat bioaktif yang berasal dari gas berbahaya dan berfungsi untuk mengikat nitrogen dari udara. Bakteri asam laktat berfungsi untuk fermentasi bahan organik jadi asam laktat, percepat perombakan bahan organik, lignin dan cellulose, dan menekan pathogen dengan asam laktat yang dihasilkan.


Actinomicetes menghasilkan zat anti mikroba dari asam amino yang dihasilkan bakteri fotosintetik. Ragi menghasilkan zat anti biotik, menghasilkan enzim dan hormon, sekresi ragi menjadi substrat untuk mikroorganisme effektif bakteri asam laktat actinomicetes. Cendawan fermentasi mampu mengurai bahan organik secara cepat yang menghasilkan alkohol ester anti mikroba, menghilangkan bau busuk, mencegah serangga dan ulat merugikan dengan menghilangkan pakan.


Fungsi EM untuk mengaktifkan bakteri pelarut, meningkatkan kandungan humus tanahlactobonillus sehingga mampu memfermentasikan bahan organik menjadi asam amino. Bila disemprotkan di daun mampu meningkatkan jumlah klorofil, fotosintesis meningkat dan percepat kematangan buah dan mengurangi buah busuk. Juga berfungsi untuk mengikat nitrogen dari udara, menghasilkan senyawa yang berfunsi antioksidan, menekan bau limbah, menggemburkan tanah, meningkatkan daya dukung lahan, meningkatkan cita rasa produksi pangan, perpanjang daya simpan produksi pertanian, meningkatkan kualitas daging, meningkatkan kualitas air dan mengurangi molaritas Benur.



EM4 terdiri dari 95% lactobacillus yang berfungsi menguraikan bahan organik tanpa menimbulkan panas tinggi karena mikroorganisme anaerob bekerja dengan kekuatan enzim.

CARA MEMBUAT PUPUK ORGANIK

A. Bokashi Padat (untuk 1 ton)
 Bahan:
- Hijauan daun 200 kg (hijauan daun, sisa sayuran, jerami, sekam, dll)
- Pupuk kandang 750 kg (kotoran kambing, ayam, sapi, dll)
- Dedak/bekatul 50 kg
- EM-4 1 liter
- Larutan gula pasir, 1 kg per 10 liter air
- Air secukupnya

Tahapan Pembuatan:
1. Potong sampah basah (3-5 cm), kecuali jika menggunakan sekam
2. Campurkan Sampah basah – pupuk kandang – dedak/bekatul, hingga rata
3. Larutkan EM-4 + Air gula ke dalam 200 liter air.
4. Siramkan larutan secara perlahan secara merata ke dalam campuran sampah basah-kotoran-dedak. Lakukan hingga kandungan air di adonan mencapai 30 – 40 %. Tandanya, bila campuran dikepal, air tidak keluar dan bila kepalan dibuka, adonan tidak buyar.
5. Hamparkan adonan di atas lantai kering dengan ketebalan 15 – 20 cm, lalu tutup dengan karung goni atau terpal selama 5 – 7 hari.
6. Agar suhu adonan tidak terlalu panas akibat fermentasi yang terjadi, adonan diaduk setiap hari hingga suhu dapat dipertahankan pada kisaran 45 – 50 derajad Celsius.
7. Setelah satu minggu, pupuk bokashi siap digunakan.

Aplikasi:
Untuk tanaman tahunan semisal karet, coklat, dan lainnya, gunakan bokashi padat sebagai pupuk dasar. Dua kilogram bokashi diaduk dengan tanah lalu dibenamkan di lubang tanam.

B. Pupuk Organik Cair (untuk 200 liter)
Bahan:
- Pupuk kandang 30 kg (kotoran kambing, ayam, sapi, dll)
- Hijauan daun (secukupnya)
- EM-4 1 liter
- Gula pasir 1 kg
- Air bersih 200 liter

Tahapan Pembuatan:
1. Pupuk kandang dihaluskan
2. Gula pasir – EM-4 – dilarutkan dalam air
3. Campuran pupuk kandang dan larutan gula dimasukkan ke dalam drum plastik kemudian ditambahkan air bersih hingga volumenya mencapai 200 liter.
4. Drum ditutup rapat. Setiap hari dibuka dan diaduk selama 15 menit.
5. Pupuk Organik cair akan siap digunakan setelah 5 – 7 hari.

Aplikasi:
1 liter pupuk organik cair dicampur dengan 9 liter air bersih. Selanjutnya, siramkan pada tanah di sekitar tanaman atau disemprotkan pada daun sebanyak 0,25 – 1 liter tergantung jenis tumbuhan.

Semoga bahan bacaan ini bermanfaat.

Benz

17 komentar:

  1. Ammin..... Insya Allah bermanfaat buat kita smua.... Jangan lupa klo mau berproduksi undang undang kita yeeeh.... biar bisa ngintipin dan tahu cara bereproduksi.... eh berproduksi maksudnye.... ok trims deh sukses slalu buat Admin Bloger LiKha.

    BalasHapus
  2. Terima kasih, semoga bermanfaat untuk kita semua.

    BalasHapus
  3. Bapak ysh, Terima kasih artikelnya, Saya dari daerah Sumatra Selatan, dimana kita bisa dapatkan EM4. bisa kirim ke e-mail saya c_wibawa(@)yahoo.com.sg
    Tarima kasih

    BalasHapus
  4. Sangat membantu.. mudah2an pertanian Indonesia semakin maju. kalau ada yang mau bekerjasama untuk pemasaran kopi green been hubungi aku di 0812610 23 168, Salam FB mr.payung@gmail.com

    BalasHapus
  5. terimakasih artikelnya.
    ijin coba resep membuat pupuk organik cair.

    BalasHapus
  6. terimakasih infonya.Semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  7. cara gunanya macam mana pak?saya kurang mengerti tentang em ni

    BalasHapus
  8. dimana kita dapat membeli bakteri em4 nya

    BalasHapus
  9. bacteri untuk pembuatan pupuk cair itu apa?

    BalasHapus
  10. Terimakasih saya jadi tambah wawasan

    BalasHapus
  11. di daerahku susah dapatin susu murni,bisa diganti yang lain?

    BalasHapus
  12. Kalau memperbanyak Em4 gimana caranya?Jika pakai tetes?

    BalasHapus
  13. bos bakterinya berapa kg dan susunya berapa liter

    BalasHapus
  14. Dari mana kita bisa dapatkan bakteri tersebut

    BalasHapus
  15. nambah pengetahuan ane dibidang ini gan
    makasih

    BalasHapus
  16. Butuh EM4 bisa kita bantu kirim dari Jogja ke seluruh P. Sumatra. melalui Kargo. Minimal 20 liter. Harga 50rb/liter. SMS/Call M-SEED: 081313888479/ 087843190808. http://www.durianmenoreh.com/

    BalasHapus
  17. Kalau untuk gentong yg ukuran 50 ltr. Perbandingan bahan berapa-berapa ya???
    Trimakasih....

    BalasHapus